Internet of Things

Internet of Things ? merupakan sebuah konsep yang menghubungkan beberapa bahkan jutaan devices terhubung dengan internet, konsep internt of things memungkinkan seluruh devices yang terhubung ke internet untuk saling berkomunikasi satu sama lain yang membentuk sebuah sistem cerdas.  cara kerja Internet of Things itu sendir memanfaatkan sebuah algoritma pemrograman yang memungkinkan interaksi sesama mesin tanpa campur tangan manusia, dan internet merupakan hal mutlak/ dasar yang menjadi penghubung antara sesama mesin. Internet of Things itu sendiri sudah menjadi topik diskusi hangat dari tahun 1991, hingga pada akhirnya menjadi sebuah konsep yang diajukan oleh Kevin Ashton pada tahun 1999 dan mulai terkenal melalui Auto Id Center.

Fakta bahwa internet dan device telah merubah kehidupan manusia, hampir sepenuhnya manusia bergantung dengan internet, Perkembangan teknologi device dan internet membuat Internet of Things menjadi sebuah hal yang di ramalkan akan menjadi trend teknologi di masa depan.dengan Internet of Things dapat mempermudah pekerjaan manusia menjadi lebih cepat, mudah, dan efisien. contoh trend teknologi dari Internet of Things yang banyak dikembangkan oleh perusahaan perusahaan besar seperti Apple, Intel, Microsoft, Oracle, dll salah satunya adalah Smart City, dengan Smart City semua info penting seperti, Keadaan Cuaca, Kemacetan, Info Kecelakaan, dari berbagai macam transportasi  dapat diinfromasikan di internet dan saling terhubung dengan sistem kamera cerdas yang datanya disimpan disetiap sistem dengan server cloud. dengan sistem seperti ini tentunya akan meningkatkan efisiensi, keselamatan, dan keamanan  sebuag Smart City.

Meskipun Internet of Things menawarkan banyak kelebihan, namun sistem ini masih berada pada tahap perkembangan,karena diperlukannya konsep security yang handal karena seluruh data disimpan dalam lalu lintas internet yang sangat rentan akan peretasan para hacker, arsitektur internet yang memadai seperti alokasi bandwith yang akan digunakan agar tidak terjadinya "down" pada saat pemrpsesan data, namun 2015 diperkirakan merupakan tahun awal dari konsep Internet of Things, dan pada tahun 2020 diprediksi akan ada milyaran device yang akan saling terhubung dengan internet.

SOURCE:
http://iot.co.id/apa-itu-internet-of-things/
https://wirasetiawan29.wordpress.com/2014/11/27/internet-of-things/
http://www.bglconline.com/2014/04/internet-of-things-semakin-dekat/



Komentar